Mengenal Khasiat Kunyit Dari Segi Manfaat Dan Kandunganya

Catatan Aniend - Berbicara tentang khasiat kunyit tentu semua pasti kenal dengan salah satu jenis rempah – rempah yang satu ini, kandungan rempah yang berwarna kuning gelap atau oranye ini memang banyak manfaatnya. Kunyit tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu rempah pelezat masakan tapi juga sebagai jamu dan obat tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pencegahan, perawatan, serta pengobatan berbagai jenis penyakit. Selain itu juga sering digunakan sebagai , bahan pangan. pengawet,pewarna, kosmetik, dan bahan baku cat.

Khasiat Kunyit mempunyai peranan yang sangat besar di bidang kesehatan masyarakat, karena khasiatnya sebagai jamu dan obat tradisional yang efektif,murah, dan aman. Kunyit telah dimasukkan dalam daftar prioritas WHO sebagai tanaman obat yang paling banyak dipakai di beberapa negara dan sering disebut dalam buku-buku farmasi serta ditulis sehagai resep obat tradisional maupun resep resmi.
Khasiat Kunyit Manfaat  Dan Kandungan
Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah Kurkuminoid dan Minyak Atsiri. Kandungan kurkuminoid berkisar antara 3,0 — 5,0% yang terdiri dari kurkumin & turunannya yaitu demetoksikurkumin dan bisdemetoksikurkumin. Sedangkan kandungan minyak atsiri rimpang kunyit berkisar 2,5 – 6,0%, yang terdiri dari komponen artumeron, alfa dan beta tumeron.

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

1. Sebagai Anti Oksidan
Antioksidan adalah suatu senyawa yang dapat menangkal senyawa – senyawa radikal bebas. Kunyit dinyatakan dapat mencegah kerusakan akibat senyawa radikal bebas tersebut. Secara in-vitro telah dibuktikan bahwa kurkuminoid kunyit dapat menghambat proses peroksidasi lemak pada hati tikus. Kurkumin dilaporkan merupakan antioksidan yang kuat yang daya antioksidannya dinyatakan 8 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin E.

2. Sebagai Antitumor Dan Anti Kanker
Senyawa kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit bersifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel – sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal dan nyeri. Oleh karena itu, kunyit memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan tumor dan kanker. Kurkumin juga dapat berpotensi untuk digunakan sebagai Cox-2 inhibitor sintetik karena dapat menghambat Cox-2 enzymes, sehingga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker rematik, arthritis, gout, dan inflamasi.

3. Sebagai Antipikun atau Suplemen Otak
Kurkumin di dalam kunyit diketahui dapat juga mengurangi inflamasi dan terjadinya kerusakan sel sel pada otak tikus sehingga berpotensi untuk di gunakan sebagai obat pencegah penyakit alzheimer (kepikunan). Hasil penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi makanan yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan bumbu masaknya mempunyai resiko yang rendah terhadap penyakit Alzheimer.

4. Sebagai AntiMikroba
Penelitian dan uji klinis telah membuktikan, bahwa kunyit bersifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh beberapa jenis jamur, bakteri, dan virus. Senyawa kurkumin yang terkandung dalam rimpang kunyit juga menjadi racun terhadap beberapa jenis bakteri seperti Staphyllococcus aureus, dll.

5. Sebagai Antiseptic Dan Antiinflamasi
kunyit sering digunakan sebagai antiseptik, obat luka, dan obat berbagai jenis penyakit infeksi? seperti cacar, hepatitis, sakit gigi, malaria, bronchitis, borok,radang dan bengkak. Kurkumin sebagai senyawa dalam kunyit juga dapat berperan sebagai antiinflamasi, yaitu dapat mengurangi kadar histamin dan menaikkan kortison yang diproduksi oleh kelenjar adrenal.

6. Sebagai Antiracun
Kunyit bersifat antiracun, sehingga sering digunakan untuk mengobati keracunan arsenik, luka gigitan serangga, binatang berbisa dan lintah. Setelah diteliti juga bahwa kunyit dapat menetralisir zat – zat yang sudah tidak digunakan oleh tubuh

7. Sebagai Bahan Untuk Menghilangkan Flek Di Wajah Dan Obat Jerawat
Sebel sama Jerawat dan Flek-flek hitam di wajah seringkali membuat sang empunya wajah menjadi tidak percaya diri. Keberadaan Jerawat dan flek hitam ini mengurangi kecantikan wajah. Untuk mengatasi masalah di wajah ini, Anda dapat mengikuti tips kecantikan berikut ini: Ambil kunyit sepanjang 10cm, cuci bersih dan iris tipis, kemudian jemur hingga kering. Seduh beberapa keping kunyit dengan air panas, lalu minum air seduhnya.

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional

Beberapa jenis terapi dan pengobatan penyakit secara tradisional yang menggunakan kunyit di antaranya adalah:
  • Asap dari kunyit yang dibakar jika dihisap dapat melegakan hidung yang tersumbat.
  • Pasta dari bunga kunyit dapat digunakan untuk obat penyakit cacingan dan penyakit kulit.
  • Ramuan jamu kunyit asam yang merupakan campuran kunyit dan asam jawa serta gula merah dapat digunakan untuk menghilangkan bau keringat, rasa sakit pada waktu menstruasi, dan rasa pegal-pegal atau nyeri pada persendian tulang.
  • Rebusan rimpang kunyit yang ditambah dengan gula dan susu dapat digunakan sebagai pendingin dan obat penyakit kuning.
  • Rimpang yang diiris—iris yang dicampur dengan gambir dan diseduh dengan air mendidih digunakan untuk obat kumur gusi dan gigi yang membengkak.
  • Parutan kunyit yang dicampur dengan asam dan tawas. dapat digunakan untuk mengobati luka.
  • Rimpang yang digiling halus dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan rematik.
  • Air sari kunyit yang dimasak digunakan untuk kompres dan cuci mata dan untuk mengurangi rasa nyeri dan panas pada mata.
  • Air perasan kunyit yang dicampur madu digunakan untuk obat penyakit kuning.

Telah terbukti bahwa negara dengan penduduk yang memiliki pengetahuan kesehatan yang tinggi meraih tingkat harapan hidup lebih panjang, mereka juga lebih sedikit terpapar penyakit yang seharusnya memang dapat dihindari .Dari sekian banyaknya tanaman obat-obatan tradisional yang ada di sekitar kita, kunyit merupakan salah satu alternatif yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Manfaat tanaman kunyit selain digunakan sebagai obat tradisional, juga digunakan sebagai bumbu masakan.
Tags
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !