Tanaman Pengusir Tikus Dirumah Paling Ampuh

Catatan Aniend - Sudah mencoba tanaman pengusir tikus rumah dan tikus got ? Bagi yang Jengkel karena gangguan tikus dirumah atau di kebun saya rasa bisa mencoba alternatif ini ? yah sebenarnya sih siapa yang ngga jengkel sama hewan yang satu ini kalau sudah ngacak - ngacak isi rumah, sebut saja  gigitan khasnya pada perkakas rumah, kabel, sampe ke pakaian, belum lagi bau dari kotoran dan  urine nya, ugh ngga banget deh. Dan tikus merupakan hewan nocturnal alias aktif di malam hari, ketika kita sedang tertidur nyenyak, ia pun bergerilya kesana kemari membuat bising di  plafon rumah dan tempat - tempat yang ia tuju.

Tanaman tertentu memiliki aroma kuat yang bertindak sebagai penolak alami untuk hewan  pengerat seperti tikus ini. Tikus juga peka terhadap aroma yang kuat dan akan menghindari  sejumlah tanaman, terutama saat berada di luar di halaman. Untuk mengatasi masalah tikus di  dalam rumah, Anda dapat menanam satu atau dua tanaman yang tepat untuk membuat mereka  menjauhi rumah anda.

Tanaman Untuk Mengusir Tikus Dari Rumah

Berikut ini jenis - jenis tanaman yang tidak di sukai tikus karena aroma yang di timbulkanya  cukup membuat tikus menjauhinya.
tanaman marigold pengusir tikus
Bunga Marigold
1. Bunga Marigold/Gemitir/Gumitir
Bunga dengan banyak khasiat ini sering ditemukan di pulau bali , mempunyai ciri warna kuning atau orange walaupun kadang ada juga yang berwarna putih serta mempunyai bentuk kelopak yang  saling berhimpitan. Bunga ini memang sering di pakai dalam upacara keagamaan, selain banyak  terdapat di bali, Di negara india bunga ini juga sering di pakai.

Salah satu khasiat dari tanaman ini selain pengusir serangga, ternyata juga cukup bisa diandalkan untuk membuat binatang pengerat seperti tikus untuk menjauh
tanaman rosemary pengusir tikus
Bunga Rosemary
2. Tanaman Rosemary
Dibalik semerbak wangi bunga rosemary ini terdapat berbagai keunggulan selain yang paling umum dari bunga ini ialah seringkali digunakan sebagai penyedap masakan dan minuman karena  pada dasarnya tanaman ini merupakan jenis tanaman rempah - rempah. Berasal dari Mediterania, dengan fisik daun lonjong dan meruncing menyerupai dedaunan. Lebar daun kurang dari 1 cm, tetapi panjangnya bisa 5-8 cm. Kalau dengan melihat dari jauh rosemary ini sedikit mirip  rumput hijau menyerupai stick dengan tangkai lurus ke atas.
Daun Mint pengusir tikus
Daun Mint
3. Tanaman Peppermint/ Daun Mint
Masih dalam kategori tanaman rempah juga, Tanaman peppermint/daun mint sering kita temui  aroma nya dalam pasta gigi, sabun dll yang merupakan esktrak dari minyak atsirinya. Tanaman Peppermint mempunyai daun berwarna hijau gelap dengan tulang daun sedikit kemerahan.

Berasal dari Timur tengah dan eropa, Tanaman Peppermint mengandung menthol yang tinggi selain itu dari kandungan atsirinya terdapat zat menthone, methyl asetat, dan sedikit pulegone. Sebagai informasi Pulegone adalah zat yang bisa di jadikan sebagai Pestisida Alami untuk serangga dan hewan pengerat seperti tikus. Jadi Tanaman Peppermint ini cukup baik untuk kita coba sebagai tanaman pengusir tikus di rumah.
lavender pengusir tikus
Bunga Lavender
4. Tanaman Lavender
Rasanya tanaman cantik ini sudah cukup terkenal karena aromanya sering dipakai sebagai anti nyamuk/serangga serta tikus. Bunga ini memang bukanlah bunga tropis dan di indonesia sendiri untuk menanam lavender butuh penanganan khusus, karena tanaman ini tumbuh baik di daerah tinggi (500-1300 mdpl). Dengan bunga berwarna unggu/jingga, Lavender disarankan di tanam dalam rumah karena mempunyai banyak khasiat sekaligus membuat ruangan menjadi wangi.
sage pengusir tikus
Daun Sage
5. Tanaman Sage
Mungkin agak kedengaran kurang familiar di telinga masyarakat kita tentang tanaman ini,wajar saja karena tanaman ini lebih populer di eropa dan sering dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan. Tapi saat ini di indonesia sudah banyak toko tanaman yang menjual bibit nya, daun sage sendiri bisa di jadikan untuk mengusir serangga serta tikus di rumah karena daun sage sangat di benci tikus dari aromanya.

Selain dari 5 tanaman di atas, masih ada lagi yang bisa anda coba sebagai cara alami mengusir tikus dirumah dengan media tanaman diantaranya :

6. Tanaman Daffodil / Bunga Narsis
7. Tanaman Catnip
8. Tanaman Oregano

Dari 8 tanaman di atas ini memang memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak disukai tikus, dan berbagai serangga, selain itu bentuk nya juga cocok sebagai penghias ruangan, sebagai catatan juga sebaiknya penempatan nya sedikit dijauhkan dari jangkauan anak - anak terutama balita. akhir kata selamat mencoba dan bereksprimen.
Tags
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !