Nikmati Segarnya Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar

Es Pisang Ijo - Artikel resep pisang ijo hijau minuman pelepas dahaga yang cocok sebagai hidangan untuk buka puasa dan acara tertentu.
Nah minuman ini sangat terkenal di makasar, apalagi kalau bukan es pisang ijo, dilihat dari gambar nya aja udah kebayang kan rasanya gimana, menyegarkan sekaligus mengenyangkan sepertinya.

Es Pisang Ijo diolah dari buah pisang ambon, raja atau kepok yang sudah matang. Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan yang memberi warna hijau dan aroma pandan.

Diberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal atau bubur sum-sum, disiram dengan sirop warna merah khas Makassar, dan lelehan susu kental. Setumpuk es serut atau bongkahan-bongkahan kecil es akan melengkapi penyajiannya. Minuman yang mengenyangkan ini disajikan diatas mangkuk atau piring yang agak ceper. Biasanya ditemani dengan makanan ringan seperti jalangkote (mirip pastel) dan lumpia.

Sajiannya memang sederhana, tetapi terasa nikmat sebagai pelepas dahaga. Daripada penasaran, kenapa anda sendiri tidak mencobanya dirumah, langkah - langkah dibawah ini semoga akan memudahkan anda untuk membuat resep es pisang ijo dengan kreatifitas sendiri, dan semoga hasilnya bisa memuaskan.
Resep Es Pisang Ijo

Resep Minuman Es Pisang Ijo / Hijau

Bahan-Bahan Es Pisang Ijo :
40 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
300 ml air
100 ml air daun suji
3 tetes pewarna hijau
175 gram tepung beras
5 buah pisang raja yang tua
es serut
sirup merah

Bahan Saus :
650 ml santan
50 gram tepungh terigu
75 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Es Pisang Ijo

  1. Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
  2. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis(tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
  3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  4. Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
  5. Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.
Ok Selesai, Siap di hidangkan dan di nikmati bersama - sama. Nah selain resep es pisang ijo diatas jangan lupa untuk mencoba  resep lainya yang akan di posting di blog ini ya, see you on next post.
Tags
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !